Cara Mengatasi Sketchup Error Zoom

Cara Mengatasi Sketchup Error Zoom

Sketchup tidak bisa zoom atau clipping missing face adalah masalah yang terjadi saat permukaan objek tidak bisa diperdekat (Error Zoom In). Masalah ini akan membuat permukaan (face) terlihat pecah, rusak, terpotong dan tidak solid.

Sketchup error zoom dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya penempatan component yang saling berjauhan, skala objek yang terlalu kecil, dan geometri yang tersembunyi.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Interior Tegal

Sama seperti bugsplat, SketchUp clipping missing (error zoom) bisa terjadi kapan saja dan biasanya diawali dengan peringatan error yang muncul saat file akan disimpan. Kemungkinan Sketchup juga menjadi lemot karena ada sesuatu yang terjadi diluar kontrol program.

Jika mengalami error zoom, maka gambar akan sulit dimodifikasi. Permukaan objek akan terlihat pecah setiap kali diperdekat, dan fitur rotasi akan menunjukan sisi yang rusak.

Error zoom dapat terjadi pada semua versi Sketchup. Tidak ada fitur khusus yang dapat mencegah masalah ini, hanya ada fitur kecil yang disebut dengan purge, itupun digunakan untuk menghapus material yang tidak terpakai.

Tapi jangan khawatir, karena saat ini Sketchup memiliki plugin yang dapat anda install untuk mengatasi Sketchup tidak bisa zoom (clipping missing face error).

Cara Mengatasi SketchUp Error Zoom

  • Pertama silakan download terlebih dahulu, setelah itu install plugin seperti biasa.
  • Kemudian buka file Sketchup yang tidak bisa di zoom, lalu jalankan plugin Clipping Camera.
  • Langkah selanjutnya ceklis atau centang menu Force, setelah itu pada kolom Near ganti angkanya menjadi 0.01
  • Terakhir tekan Enter pada keyboard. Maka secara otomatis permukaan yang rusak akan kembali normal.

Kesimpulan

Seharusnya dengan cara ini masalah bisa teratasi, namun jika tidak berhasil, silakan restart Sketchup lalu buka kembali file yang eror tadi. Dan jika masih gagal juga, kita bisa lakukan copy model lalu pastekan kedalam lembar kerja baru.

Plugin ini dapat anda download disini (key: sketchuppost.com)

Demikian panduan cara mengatasi Sketchup tidak bisa di zoom. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.

Komentar