Cara Mengatur View di Sketchup

Cara Mengatur View  di Sketchup

Didalam Sketchup terdapat tool yang disebut dengan View. Sesuai namanya, tool ini digunakan untuk melihat objek/model dari arah yang berbeda. Terdapat 6 jenis sudut pandangan yang tersedia pada tool ini seperti isometrik, tampak depan, atas, samping kanan, samping kiri dan belakang.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Interior Tegal

Tool View tidak muncul secara otomatis, melainkan kita perlu menampilkanya sendiri melalui pengaturan toolbar Sketchup. Tutorialnya bisa anda lihat pada postingan saya sebelumnya.

Untuk menggunakan tool ini caranya mudah sekali, kita cukup memilih dari tampak mana objek akan ditampilkan, misalnya tampak depan atau tampak atas. Namun sudut pandang ini tidak terkunci, maksudnya view dapat berubah saat objek digeser.

Untuk mengunci View, kita perlu melakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

Cara Mengatur View di Sketchup

  • Pertama, tentukan terlebih dahulu view Sketchup yang ingin anda kunci
  • Langkah selanjunya klik View, kemudian pilih menu Animation lalu pilih Add Scene.
  • Setelah itu akan muncul menu scene dibawah menu toolbar. Jika sudah seperti itu maka pengaturan sudah berhasil dan view sudah terkunci.

Kesimpulan

Dengan mengunci view, kita tidak perlu khawatir sudut pandang akan berubah. Selain untuk mempermudah saat rendering, mengatur view juga bisa kita gunakan untuk bahan persentasi. Pengaturan view yang tepat tentu akan membuat gambar menjadi lebih bagus dan realistis.

Demikian cara mengatur view Sketchup, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.

Komentar